Cara Mengecilkan Pori-Pori

Mengecilkan Pori-Pori

Komedo dan jerawat pada wajah kita disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori wajah karena produksi minyak yang berlebihan, kotoran di wajah, penumpukan sel kulit mati, debu, sebum, dan paparan sinar matahari. Hal ini mengakibatkan munculnya komedo di wajah kita. Komedo yang muncul di wajah kita memiliki dua jenis yaitu komedo hitam (blackhead) dan putih (whitehead). Biasanya komedo putih lebih susah dihilangkan dibandingkan dengan komedo hitam.

Sudah banyak juga perawatan berbahan alami maupun buatan yang difungsikan khusus untuk menghilangkan komedo. Akan tetapi seringkali bekas komedo dan jerawat meninggalkan lubang pori-pori yang besar. Oleh karena itu, perawatan tidak hanya sebatas menghilangkan jerawat komedo saja, tetapi juga harus dilengkapi dengan usaha mengecilkan pori-pori terutama di bagian wajah, pipi, hidung, dan kening kita.
Mengecilkan pori-pori

Penyebab Pori Pori Membesar

Selain komedo dan jerawat, ada banyak penyebab lain yang dapat menyebabkan pori-pori menjadi berlubang besar, diantaranya:
1. Sisa kosmetik di wajah
2. Pengaruh Genetik dan hormon
3. Produksi minyak yang berlebihan
4. Jerawat yang sudah timbul sejak remaja
5. Terlalu sering emencet komedo atau jerawat
6. Penggunaan make-up yang berlebihan sejak remaja
7. Kulit wajah yang kurang diperhatikan kebersihannya
8. Melakukan scrubbing yang berlebihan dengan instensitas yang terlalu sering
9. Penggunaan facial foam atau sabun wajah yang tidak sesuai dengan jenis kulit

Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Berikut ini beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk menghilangkan dan mengecilkan pori-pori kulit wajah bekas jerawat dan komedo.
1. Rajin membersihkan wajah
Cara mengecilkan pori pori wajah
Membersihkan wajah dengan sabun wajah khusus (facial foam) dapat membersihkan kotoran di wajah. Terutama untuk kita yang sering beraktivitas di luar ruangan. Dengan rutin mencuci wajah, wajah akan menjadi bersih dan cerah. Keadaan kulit wajah yang bersih dari kotoran akan membantu pori-pori menutup atau mengecil kembali. Pilihlah pemersih wajah yang mengandung zat tannin yang biasanya ditrmukan pada tanaman teh hijau, anggur, kopi, dan persimmon yang bermanfaat mengontrol produksi sebum atau minyak dan membantu mengecilkan pori-pori.

2. Gunakan masker wajah dengan teratur
Sekarang ini sudah banyak masker alami dan buatan yang didesign khusus untuk menghilangkan komedo di wajah. Masker alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan komedo dan mengecilkan pori-pori dapat dibuat dari tomat, pepaya, putih telur, mentimun, air perasan jeruk, yogurt, dan lain-lain. Saat tekstur masker masih basah akan berfungsi mengangkat kotoran dan komedo di wajah, sedangkan jika masker sudah mulai mengering akan berfungsi mengecilkan kembali pori-pori. Penggunaan masker secara alami dan rutin setidaknya 2 kali dalam seminggu mampu membantu secara maksimal mengecilkan pori-pori di wajah serta mengurangi peradangan pada kulit.

3. Olahraga
Cara menghilangkan pori-pori pada wajah
Saat kita sedang berolahraga, kita akan menghasilkan keringat yang keluar melalui pori-pori. Keluarnya keringat melalui pori-pori juga berfungsi mengangkat dan membawa kotoran di pori-pori wajah.selain itu, olah raga teratur mampu membantu mengencangkan kembali kulit wajah karena adanya pengecilan pori-pori setela berolahraga.

4. Lakukan eksfoilasi atau scrubbing
Eksfoilasi mampu bermanfaat untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di wajah. Sehingga pori-pori diwajah menjadi lebih bersih dan mengecil kembali. Eksfoilasi juga mampu mengencangkan kembali kulit wajah. Untuk melakukan scrubbing juga tidak boleh dilakukan terlalu sering karena justru akan menyebakan iritasi pada kulit wajah. Beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk scrubbing adalah teh hijau, madu, dan gula halus.

5. Konsumsi air putih
Cara mengecilkan pori pori wajah secara alami dan permanen dengan cepat
Air putih setidaknya dikonsumsi 8 liter tiap hari. Air putih mampu menjaga kelembapan kulit sehingga tidak kering. Karena seperti yang kita tahu, kulit yang kering menyebabkan penumpukan sel-sel kulit mati di wajah sehingga menyebabkan komedo dan pembengkakan pori-pori. Dengan mengonsumsi air putih secara teratur maka akan menjaga kelembapan kulit dari dalam dan mencegah penuaan dini serta mengecilkan pori-pori di wajah.

6. Konsumsi buah dan sayur
Seperti yang kita tahu sebelumnya, buah dan sayur banyak mengandung serat dan vitamin. Keduanya, membantu meregenerasi kulit dan membantu kelembaban kulit dari dalam. Sehingga sel-sel kulit wajah menjadi lebih segar dan pori-pori mengecil.

Itulah beberapa penyebab pori-pori membesar akibat bekas komedo dan jerawat serta solusi dan cara mengecilkan pori-pori kulit wajah. Segeralah ubah gaya hidup dan pola makan untuk mencapai hidup yang lebih sehat.

You may also like...