Cara Menghilangkan Komedo di Hidung

Cara Membersihkan Komedo di Hidung

Bagian wajah yang paling sering dijadikan sarang komedo adalah hidung. Tidak tanggung-tanggung, komedo yang muncul di hidung kadang terlihat jelas dari luar. Banyak yang memiliki kebiasaan memencet komedo dengan kuku lantaran komedo tersebut sangat mengganggu penampilan. Nah, jika kita memiliki kebiasaan buruk itu, sebaiknya segera hentikan.

Memencet komedo dengan kuku mungkin akan mengeluarkan komedonya, tetapi komedo akan muncul lagi setelahnya. Dampak buruknya adalah terdapat bekas bopeng karena pori-pori dibuka paksa dengan cara memencet. Apalagi kuku dan jari tangan yang belum dicuci bersih mengandung bakteri dan kuman yang berbahaya bagi kulit wajah. Komedo justru akan semakin banyak jika banyak bakteri dan kuman yang terkumpul di area wajah. Penyebab utama komedo adalah tumpukan lemak dan minyak di ujung hidung. Pori-pori kulit wajah yang tersumbat oleh minyak serta kotoran akan membunuh sel kulit sehingga dapat membentuk komedo.
Cara membersihkan komedo di hidung

Bahan alami bisa digunakan untuk membasmi komedo di hidung. Jika sudah menggunakan bahan alami untuk menghilangkan komedo, selanjutnya lakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat mencegah komedo tumbuh lagi secara permanen. Kebiasaan pertama dan yang sangat penting adalah rajin membersihkan wajah, tidak hanya dari kotoran tetapi juga dari kosmetik. Bersihkan wajah minimal dua kali sehari agar wajah tetap segar dan tidak memproduksi minyak berlebih. Agar kelenjar tidak memproduksi terlalu banyak minyak, kurangi mengkonsumsi makanan berlemak dan berminyak. Sebaliknya, perbanyak konsumsi buah dan sayur segar yang dapat memperlancar proses pencernaan. Hindari pula mengkonsumsi alkohol dan merokok. Keduanya bisa berdampak buruk bagi kulit karena menghasilkan racun di dalam tubuh. Racun tersebut membuat bakteri berkembang biak hingga menimbulkan jerawat dan komedo di wajah.

Kebiasaan kedua adalah menjaga kebersihan tempat tidur. Hal ini sering dilupakan oleh banyak remaja, apalagi yang hidup di kos. Sarung bantal adalah tempat bersarangnya bakteri dan kuman. Jadi, jangan menunggu sarung bantal terlihat kotor. Pastikan untuk mengganti sarung bantal minimal sekali dalam satu minggu. Bakteri yang ada pada sarung bantal yang dipakai terlalu lama memicu pertumbuhan komedo dan jerawat.

Kalian tentu melihat dan mendengar banyak sekali produk kosmetik yang bermanfaat mengobati dan menyembuhkan komedo dengan cepat. Sebaiknya kalian tidak termakan iklan menggiurkan seperti itu. Pasalnya, ada banyak sekali cara alami yang bisa kita pakai agar komedo hilang dan tidak muncul lagi. Berikut ini tips dan cara alami menghilangkan komedo di hidung yang dipercaya sangat ampuh permanen.
Cara mengatasi komedo di hidung

Cara Mengatasi Komedo di Hidung

Cara menghilangkan komedo pada daerah hidung yang paling mudah adalah dengan terapi uap air panas. Pori-pori akan terbuka ketika wajah terkena uap panas sehingga komedo yang tersumbat dalam hidung bisa keluar. Caranya cukup didihkan air lalu tuang ke dalam wadah. Pastikan wajah berada tepat di atas wadah agar uapnya bisa menyapu wajah. Sambil membiarkan wajah terkena uap panas selama lima menit, pijat hidung yang berkomedo dengan lembut. Saat komedo sudah keluar, bersihkan wajah lalu gunakan handuk lembut.

Siapa yang tidak kenal kayu manis? Bahan alami yang satu ini memang terkenal sebagai campuran makanan atau minuman. Nah, ternyata kayu manis juga bermanfaat dalam hal membersihkan komedo pada hidung. Bahkan, kayu manis juga bisa mencegah komedo tumbuh lagi karena kayu manis dapat memicu kolagen di kulit yang bermanfaat untuk regenerasi kulit. Caranya dengan mencampurkan satu sendok teh kayu manis, jus lemon, dan sedikit bubuk kunyit. Oleskan adonan tersebut ke area yang ditumbuhi komedo. Diamkan hingga 10 menit lalu bilas hingga bersih. Resep masker kayu manis yang kedua adalah campuran kayu manis dan madu. Campurkan 3 sendok makan madu dengan 1 sendok makan bubuk kayu manis. Aduklah sampai kental, lalu oleskan di hidung. Tunggu sampai 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Madu memang sangat cocok digunakan sebagai bahan perawatan kulit karena mengandung antibiotik alami yang dapat membunuh bakteri serta melembabkan kulit.

Penyebab komedo adalah kotoran yang menumpuk di kulit wajah, terutama di bagian hidung yang memproduksi banyak minyak. Salah satu bahan dapur yang mampu mengangkat kotoran di kulit secara efektif adalah baking soda. Bahan pembuat kue ini dapat mengikis kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah. Kita cukup mencampur baking soda dengan air hangat, tidak perlu terlalu banyak air agar masker tidak terlalu encer. Sambil mengoleskan baking soda, pijatlah dengan gerakan memutar agar komedo bisa keluar dengan sempurna. Masker ini cukup dipakai selama 2 hingga 3 menit saja. Jika terlalu lama, baking soda akan membuat kulit kering. Jadi, segera bilas dengan air hangat setelah dua menit.

Bahan alami terakhir yang terpercaya adalah minyak pohon teh. Minyak pada pohon teh mengandung antiseptik yang bisa membunuh bakteri penyebab komedo. Selain itu, minyak pohon teh juga mengurangi peradangan kulit. Namun, sebelum menggunakan minyak ini di hidung, sebaiknya uji dulu apakah kulit tidak alergi terhadap minyak. Kalian bisa mencoba meneteskan minyak ke kulit bagian tangan. tunggulah hingga beberapa menit, jika kulit tidak berekasi seperti gatal atau rasa terbakar, berarti kalian tidak alergi pada minyak pohon teh. Cara menggunakan minyak pohon teh adalah dengan menutulkan kapas pada minyak. Oleskan kapas tersebut ke hidung dan jangan dibersihkan hingga 15 menit. Setelah 15 menit, baru bilas dengan air hangat hingga bersih.

Melakukan perawatan rutin dengan tips bahan-bahan alami diatas akan membantu kita menangani dan membersihkan komedo pada hidung dalam waktu singkat. Tidak hanya membasmi dan mencegahnya kembali, bahan-bahan alami diatas juga bisa membantu mencerahkan kulit dan membantu regenerasi sel-sel kulit juga.

You may also like...