Tenyata Komedo Isinya Cacing, Benarkah?

Komedo Isi Cacing

Komedo biasanya muncul pada hidung. Komedo ada dua jenis. Yakni komedo hitam dan komedo putih. Penyebab munculnya komedo adalah akibat dari pori-pori kulit yang mengalami penyumbatan. Selain itu memiliki minyak berlebih pada wajah juga menjadi penyebab munculnya komedo ini. Sebetulnya komedo ini tidak berbahaya, komedo hanyalah jerawat yang kecil. Namun dengan munculnya komedo ini membuat orang merasa risih dan terganggu sehingga banyak orang yang berusaha untuk menghilangkannya.

Lalu apa jadinya jika komedo itu adalah rumah cacing? Apakah benar komedo adalah cacing? Ishh… jijik banget donk pastinya. Namun, apakah benar bahwa komedo itu isinya adalah cacing? Komedo bukanlah cacing. Hmmm… mungkin tak banyak orang yang mengetahui akan hal ini. Namun pada kenyataannya, hal ini tetap bisa saja terjadi.

Keliatannya komedo merupakan benda mati, namun didalamnya bisa hidup cacing (bentuknya mirip cacing). Kutu atau cacing ini bernama Demodex SP, memiliki ukuran 0,3-4 milimeter saja. Sama seperti cacing lainnya, Demodex ini memiliki tubuh yang panjang, kakinya kira-kira berjumlah 8 dan pendek. Bentuk tubuhnya transparan dan bersegmen dua.
Komedo adalah cacing

Cacing jenis ini berkembang biak dengan cara bertelur. Dia akan bertelur pada saat usia tiga hingga empat hari. Dan dia akan mati pada usia seminggu. Dan jika cacing ini sudah mati maka akan akan terurai kedalam pori-pori kulit dan menyatu dengan pori-pori kulit. Jadi bisa dipastikan bahwa komedo cacing ini tidak berbahaya bagi kulit kita. Namun terkadang orang akan merasa jijik dan risih dengan keberadaan cacing komedo ini.

Komedo Adalah Cacing?

Demodex banyak ditemukan di area wajah terlebih hidung, dagu, dan pipi. Cacing Demodex pada komedo hanyalah mikroorganisme yang menumpang hidup. Pada dasarnya cacing ini memang tak berbahaya karena cacing jenis ini memang ada disetiap manusia.

Akan tetapi, cacing ini bisa menimbulkan efek pada orang yang kulitnya alergi dengan cacing dan kutu, walaupun jarang terjadi. Keberadaan cacing ini dapat menimbulkan efek kulit menjadi gatal dan kemerah merahan.

Munculnya komedo adalah akibat dari kebiasaan yang kurang menjaga kebersihan kulit wajah. Jadi disarankan agar lebih sering mencuci dan membersihkan wajah. Apalagi ketika hendak tidur malam. Masih menempelnya sisa make up di wajah bisa menyebabkan munculnya komedo.

Nah, sudah jelas kan dengan yang namanya komedo yang isinya cacing? Jadi komedo cacing hanyalah kutu yang bisa hidup di kulit manusia yang menyatu dengan komedo. Lagipula ini sangat jarang terjadi, karena demodex yang dianggap sebagai cacing ini umumnya ditemukan hidup di bagian tubuh yang berbulu seperti folikel rambut, alis, atau hidung. Jadi, nggak usah khawatir, karena hal ini bukan berarti wajah kita terserang penyakit yang fatal.

You may also like...